Diposting Pada: Jumat, 05 Juni 2020
Layanan Nikah Kembali Di Buka


Layanan Nikah Kembali Di BukaKepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Muhamad di dampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi H. Rusli Adam mengunjungi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kota Jambi untuk melihat langsung pelaksanaan layanan Nikah yang sudah mulai kembali di buka, jum'at (05/06).

Kunjungan ini untuk memastikan langsung protokol kesehatan berjalan saat pelayanan akad nikah di Kantor KUA Kecamatan.

Sebagaimana di ketahui bersama, Layanan pencatatan Nikah di KUA kembali di buka di awal bulan juni ini. Pelaksanaan Akad Nikah di wilayah Kota Jambi harus dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Pelaksanaan akad nikah diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan .
2. Kepala KUA Kecamatan wajib mengatur hal-hal yang berhubungan dengan petugas, pihak Catin, waktu pelaksanaan akad nikah dan protokol kesehatan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
3. Untuk menghindari kerumunan di KUA Kecamatan, pelaksanaan akad nikah dibatasi sebanyak-banyaknya 5 (lima) pasang dalam satu hari.
4. Terhadap permohonan akad nikah yang telah melampaui kuota sebagaimana dimaksud pada angka 3, Kepala KUA Kecamatan menangguhkan pelaksanaan akad nikah tersebut di hari lain.
5. Dalam hal protokol kesehatan tidak dapat dipenuhi, Kepala KUA Kecamatan/Penghulu wajib menolak pelayanan disertai alasan penolakan tersebut.
6. Adapun Protokol Kesehatan yang harus di penuhi pada saat pelaksanaan Akad Nikah yaitu:
a. Jumlah orang yang menghadiri pada waktu prosesi Akad Nikah tidak melebihi dari 10 (sepuluh) orang (termasuk Calon Pengantin, Orang Tua Calon Pengantin, Saksi dan Petugas Pencatat).
b. Keluar masuk ruangan balai nikah harus mencuci tangan/ menggunakan hand sanitiser.
c. Semua yang menghadiri prosesi Akad Nikah tersebut wajib memakai masker.
d. Kedua calon pengantin dan orang tuanya wajib menggunakan sarung tangan.
7. Kepala KUA Kecamatan wajib mengatur dan mengendalikan dengan sungguh-sungguh pelaksanaan akad nikah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat maupun Daerah.
8. Kepala KUA Kecamatan wajib berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak terkait dan aparat keamanan untuk pengendalian pelaksanaan pelayanan pernikahan.

Pada kesempatan ini, Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi mengajak masyarakat mematuhi ketentuan atau aturan yang telah dibuat.

Untuk diketahui bahwa layanan akad nikah saat ini hanya bisa dilakukan di KUA saja.Namun, apabila nanti pemerintah daerah sudah mengizinkan layanan akad nikah di rumah, KUA siap melayani.

Pemantauan langsung di 3 KUA yaitu KUA Kecamatan Jelutung, KUA Kecamatan Jambi Selatan, dan KUA Kecamatan Jambi Timur, layanan akad nikah sudah berjalan sesuai protokol kesehatan dan kesiapan petugas di KUA juga sudah baik. (dn)

 


86x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.238.4.24
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved